Minggu, 23 Februari 2014

Keterpaduan Keterampilan Berbicara dengan Fokus Menyimak



KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT Yang telah memberikan rahmat Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
            Dalam penyusunan tugas makalah ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan teman serta  dorongan dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi.

 Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penyelesaian makalah ini. Penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri dan tentunya kepada para pembaca. Mohon maaf  jika terdapat banyak kekurangan dalam penulisan ataupun dalam segi kelengkapan dalam makalah ini.





Pekanbaru, 13 Oktober 2011

Penulis






DAFTAR ISI
Kata Pengantar ...............................................................................           1
Daftar Isi..........................................................................................           2
BAB 1 Pendahuluan........................................................................ ........ 3
   A.Latar belakang..........................................................................           3
   B.Rumusan Masalah.....................................................................           3
   C. Tujuan......................................................................................           3

BAB 2 Pembahasan ........................................................................          
   A.Keterpaduan Keterampilan Berbicara dengan Fokus Menyimak                   4
  

BAB 3 Penutup...............................................................................           6
   A.Kesimpulan...............................................................................           6
   B.Saran.........................................................................................           6
Daftar Pustaka.....................................................................................................             7




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pada modul sebelum nya telah di pelajari empat keterampilan berbahasa yakni, menyimak, berbicara,membaca dan menulis secara teoritis, mandiri dan terpilah-pilah antar keterampilan. Dalam pembelajaran ini akan dibahas dan akan dilakukan kegiatan keterampilan berbahasa tersebut secara terpadu dan terintegrasi.
B.     Rumusan Masalah
Dalam melakukukan latihan-latihan diharapkan kesungguhan kita dengan kemampuan menyimak yang memadai. Dalam hal ini,kita harus dapat menyusun tulisan atau karangan dengan baik,membaca berbagai jenis bacaan dengan baik serta berbicara dalam berbagai kegiatan berbicara dengan baik.
C.    Tujuan Makalah
Tujuan pembuatan makalah ini adalah:
Untuk mengetahui bagaiman Keterampilan Berbicara dengan Fokus Menyimak








BAB II
PEMBAHASAN
            Pada umumnya, menyimak dan berbicara dilakukan secara tatap muka. Namun,pada zaman modern seperti sekarang ini,menyimak dan berbicara dapat dilakukan tanpa tatap muka,artinya 2 orang yang sedang berkomunikasi dalam bahasa lisan dapat melakukannya dengan jarak yang berjauhan,yaitu dengan memanfaatkan karya teknologi,seperti telepon atau satelit. Seorang penyimak dapat melakukan kegiatan menyimak tanpa harus menghadirkan pembicara, seperti mendengarkan  hasil rekaman kaset audio.
            Menyimak dan berbicara memiliki hubungan yang sangat erat karena keduanya merupakan dua keterampilan yang berada dalam satu ragam bahasa,yaitu bahasa lisan.
            Berbicara adalah sebuah keterampilan menyampaikan gagasan,informasi,atau pesan kepada orang lain dengan menggunakan media yang berupa simbol-simbol  fonetis atau lebih singkatnya dengan menggunakan media berupa bahasa lisan. Seorang pembicara yang baik selalu berusaha agar penyimak dapat dengan mudah menangkap gagasan atau pesan yang disampaikannya. Oleh sebab itu,seorang pembicara yang baik tidak merasa cukup jika ia hanya memiliki keterampilan dan menghasilkan simbol-simbol fonetis tersebut,tapi ia akan berusaha melengkapi keterampilannya itu dengan gestur atau gerak-gerak isyarat untuk membantu penyimak dalam memahami pembicaraannya.
            Bukti bahwa menyimak memiliki hubungan yang erat dengan berbicara adalah :
1.      Anak belajar berbicara melalui menyimak terlebih dahulu ujaran-ujaran orang di sekitarnya dan menirunya
2.      Pada umumnya orang lebih mudah mengingat isi pembicaraan dibanding dengan isi tulisan
3.      Kualitas keterampilan seorang pembicara sangat mempengaruhi hasil menyimak seseorang.
Kemampuan menyimak merupakan  salah satu faktor pendukung bagi keberhasilan  seseorang dalam belajar membaca secara efektif.
Menyimak dan membaca merupakan dua keterampilan berbahasa yang memiliki persamaan dari segi sifat,yaitu sama-sama bersifat reseptif. Jika dalam menyimak,si penyimak terus berusaha menangkap pesan yang disampaikan dalam bahasa lisan maka dalam membaca,si pembaca berusaha menangkap pesan yang disampaikan dalam bahasa tulis.
Dengan kesamaan sifat ini maka dalam melakukan kegiatan menyimak dan membaca sama-sama memerlukan kesiapan yang sama, yaitu harus memiliki penguasaan terhadap simbol-simbol bahasa,pengetahuan yang berkaitan dengan materi simakan atau bacaan,pengetahuan tentang diksi atau gaya bahasa,serta kemampuan menangkap makna tersurat dan tersirat.















BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Menyimak dan berbicara memiliki hubungan yang sangat erat karena keduanya merupakan dua keterampilan yang berada dalam satu ragam bahasa,yaitu bahasa lisan.
Menyimak dan membaca merupakan dua keterampilan berbahasa yang memiliki persamaan dari segi sifat,yaitu sama-sama bersifat reseptif. Jika dalam menyimak,si penyimak terus berusaha menangkap pesan yang disampaikan dalam bahasa lisan maka dalam membaca,si pembaca berusaha menangkap pesan yang disampaikan dalam bahasa tulis.
B.     Saran
Apabila dalam penulisan makalah ini ada kesalahan, saya atas nama penulis memohon untuk memberikan kritik, saran dan masukannya yang bersifat untuk membangunagar menuju kepada kesempurnaan.                   









DAFTAR PUSTAKA
Sumber : buku keterampilan berbahasa indonesia SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya di Butuhkan Gan