KATA PENGANTAR
Puji dan syukur
penulis panjatkan kepada Allah SWT Yang telah memberikan rahmat Nya kepada
penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Dalam
penyusunan tugas makalah ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun
penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain
berkat bantuan teman serta dorongan dan
bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi.
Penulis
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses
penyelesaian makalah ini. Penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri
dan tentunya kepada para pembaca. Mohon maaf
jika terdapat banyak kekurangan dalam penulisan ataupun dalam segi
kelengkapan dalam makalah ini.
Pekanbaru, 13 Oktober 2011
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ............................................................................... 1
Daftar Isi.......................................................................................... 2
BAB 1 Pendahuluan........................................................................ ........ 3
A.Latar belakang.......................................................................... 3
B.Rumusan
Masalah..................................................................... 3
C. Tujuan...................................................................................... 3
BAB
2 Pembahasan ........................................................................
A.Keterpaduan Keterampilan Berbicara dengan
Fokus Menyimak 4
BAB 3 Penutup............................................................................... 6
A.Kesimpulan............................................................................... 6
B.Saran......................................................................................... 6
Daftar Pustaka..................................................................................................... 7
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pada modul sebelum nya telah di pelajari empat
keterampilan berbahasa yakni, menyimak, berbicara,membaca dan menulis secara
teoritis, mandiri dan terpilah-pilah antar keterampilan. Dalam pembelajaran ini
akan dibahas dan akan dilakukan kegiatan keterampilan berbahasa tersebut secara
terpadu dan terintegrasi.
B.
Rumusan Masalah
Dalam
melakukukan latihan-latihan diharapkan kesungguhan kita dengan kemampuan
menyimak yang memadai. Dalam hal ini,kita harus dapat menyusun tulisan atau
karangan dengan baik,membaca berbagai jenis bacaan dengan baik serta berbicara
dalam berbagai kegiatan berbicara dengan baik.
C.
Tujuan Makalah
Tujuan pembuatan makalah ini adalah:
Untuk mengetahui bagaiman Keterampilan Berbicara dengan Fokus Menyimak
BAB II
PEMBAHASAN
Pada umumnya, menyimak dan berbicara
dilakukan secara tatap muka. Namun,pada zaman modern seperti sekarang
ini,menyimak dan berbicara dapat dilakukan tanpa tatap muka,artinya 2 orang
yang sedang berkomunikasi dalam bahasa lisan dapat melakukannya dengan jarak
yang berjauhan,yaitu dengan memanfaatkan karya teknologi,seperti telepon atau
satelit. Seorang penyimak dapat melakukan kegiatan menyimak tanpa harus
menghadirkan pembicara, seperti mendengarkan
hasil rekaman kaset audio.
Menyimak dan berbicara memiliki
hubungan yang sangat erat karena keduanya merupakan dua keterampilan yang
berada dalam satu ragam bahasa,yaitu bahasa lisan.
Berbicara adalah sebuah keterampilan
menyampaikan gagasan,informasi,atau pesan kepada orang lain dengan menggunakan
media yang berupa simbol-simbol fonetis
atau lebih singkatnya dengan menggunakan media berupa bahasa lisan. Seorang
pembicara yang baik selalu berusaha agar penyimak dapat dengan mudah menangkap
gagasan atau pesan yang disampaikannya. Oleh sebab itu,seorang pembicara yang
baik tidak merasa cukup jika ia hanya memiliki keterampilan dan menghasilkan
simbol-simbol fonetis tersebut,tapi ia akan berusaha melengkapi keterampilannya
itu dengan gestur atau gerak-gerak isyarat untuk membantu penyimak dalam
memahami pembicaraannya.
Bukti bahwa menyimak memiliki
hubungan yang erat dengan berbicara adalah :
1. Anak belajar berbicara melalui menyimak terlebih dahulu
ujaran-ujaran orang di sekitarnya dan menirunya
2. Pada umumnya orang lebih mudah mengingat isi pembicaraan
dibanding dengan isi tulisan
3. Kualitas keterampilan seorang pembicara sangat
mempengaruhi hasil menyimak seseorang.
Kemampuan menyimak merupakan salah
satu faktor pendukung bagi keberhasilan
seseorang dalam belajar membaca secara efektif.
Menyimak dan membaca merupakan dua keterampilan berbahasa yang memiliki
persamaan dari segi sifat,yaitu sama-sama bersifat reseptif. Jika dalam
menyimak,si penyimak terus berusaha menangkap pesan yang disampaikan dalam
bahasa lisan maka dalam membaca,si pembaca berusaha menangkap pesan yang
disampaikan dalam bahasa tulis.
Dengan kesamaan sifat ini maka dalam melakukan kegiatan menyimak dan
membaca sama-sama memerlukan kesiapan yang sama, yaitu harus memiliki
penguasaan terhadap simbol-simbol bahasa,pengetahuan yang berkaitan dengan materi
simakan atau bacaan,pengetahuan tentang diksi atau gaya bahasa,serta kemampuan
menangkap makna tersurat dan tersirat.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Menyimak dan berbicara memiliki hubungan yang sangat erat karena keduanya
merupakan dua keterampilan yang berada dalam satu ragam bahasa,yaitu bahasa
lisan.
Menyimak dan membaca merupakan dua keterampilan berbahasa yang memiliki
persamaan dari segi sifat,yaitu sama-sama bersifat reseptif. Jika dalam
menyimak,si penyimak terus berusaha menangkap pesan yang disampaikan dalam
bahasa lisan maka dalam membaca,si pembaca berusaha menangkap pesan yang
disampaikan dalam bahasa tulis.
B.
Saran
Apabila dalam penulisan makalah ini ada kesalahan, saya atas
nama penulis memohon untuk memberikan kritik, saran dan masukannya yang
bersifat untuk membangunagar menuju kepada kesempurnaan.
DAFTAR PUSTAKA
Sumber : buku keterampilan
berbahasa indonesia SD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentarnya di Butuhkan Gan