PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI
MEDIA PEMBELAJARAN
Saat ini
komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan di
berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya
komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang
administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access.
administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access.
Dengan
masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan
komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang
sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Kutipan
dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Visi mata
pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa/mahasiswa dapat
dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara
tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan
belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi,
mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan
mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya. Melalui
mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diharapkan siswa/mahasiswa dapat
terlibat pada perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan
perubahan dalam penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi.
Siswa
menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari,
mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan
efektif. Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, siswa akan
dengan
cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.
cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.
Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi
dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang
berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan
pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan
dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari
perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi
Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan
yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan
pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar
media.
Secara
khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:
1)
Menyadarkan siswa akan
potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah
sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi
Informasi dan Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2)
Memotivasi kemampuan siswa
untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan
Komunikasi, sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan
seharihari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3)
Mengembangkan kompetensi
siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung
kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari-hari.
4)
Mengembangkan kemampuan
belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga proses
pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam
berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5)
Mengembangkan kemampuan
belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam
penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan
pemecahan masalah sehari-hari.
Dengan
melihat isi dari kurikulum tersebut, kita harus mengintegrasikan TIK dalam
proses belajar mengajar di madrasah bukan hanya untuk mata pelajaran teknologi
dan informasi saja. Melihat kondisi TIK pada saat ini dan perkembangannya di
masa datang, kita harus mempersiapkan diri dan melakukan perencanaan yang
matang dalam mengimplementasikan TIK di madrasah. Jika kita tidak memulainya
sekarang maka madrasah sebagai salah satu institusi pendidikan selain sekolah
yang berada dibawah Depdiknas akan tertinggal oleh sekolah lain. Jika ini
terjadi, usaha kita akan semakin berat untuk mensejajarkan madrasah dengan
sekolah lain.
Di satu
sisi, kita sedang berusaha mengejar ketertinggalan dalam mata pelajaran
khususnya MIPA dan Bahasa Inggris, di sisi lain TIK akan membuat kita tertinggal semakin jauh.
Mengamati Program Pengembagan TIK yang dilakukan Depdiknas untuk
mengejar ketertinggalan pemanfaatan TIK di sekolah dari negara lain, saat ini Depdiknas
mempunyai program pengembangan TIK secara besar besaran.
Ada tiga
posisi penting di Depdiknas dalam program pengembangan TIK, yaitu:
1)
Bidang kejuruan, TIK menjadi
salah satu jurusan di SMK, pengembangan
TIK secara teknis baik hardware dan software masuk dalam kurikum pendidikan.
Dibentuknya ICT center di seluruh Indonesia. Untuk menghubungkan sekolah sekolah di
sekitar ICT center dibangun WAN (Wireless Area Network) Kota.
2)
Pustekkom, sebagai salah satu
ujung tombak dalam pengembangan TV pendidikan interaktif, Elearning dan ESMA.
Program ini bertujuan untuk mempersempit jurang perbedaan kualitas pendidikan antara kota besar
dengan daerah.
3)
Jardiknas
(Jejaring Pendidikan Nasional), bertujuan untuk mengintegrasikan kedua program
di atas agar terbentuk sebuah jaringan yang menghubungkan semua sekolah di
Indonesia. Sehingga diperkirakan di masa depan semua sekolah di Indonesia akan
terkoneksi dengan internet. Melihat program yang diadakan oleh Depdiknas kita
bisa memanfaatkan fasilitas tersebut karena bersifat terbuka.
Pengembangan TIK di Madrasah secara mandiri
kita belum terlambat untuk mempersiapkan diri dalam penguasaan TIK sebagai media pembelajaran di madrasah. Mulai saat ini pihak madrasah dan Majelis Madrasah harus membuat sebuah program pengembangan TIK secara menyeluruh.
kita belum terlambat untuk mempersiapkan diri dalam penguasaan TIK sebagai media pembelajaran di madrasah. Mulai saat ini pihak madrasah dan Majelis Madrasah harus membuat sebuah program pengembangan TIK secara menyeluruh.
Ada beberapa poin untuk membuat suatu perencanaan
pengembangan TIK, diantaranya:
1) Mempersatukan visi dan misi pengembangan TIK
yang ingin dicapai antara Kepala sekolah, guru dan majelis madrasah.
2) Pembentukan Komite Teknologi (Organisasi
Labkom) yang mandiri.
3) Mengidentifikasi infrastruktur lembaga, baik
hardware, software maupun sistem dan jaringan yang sudah dimiliki.
4) Penentuan hardware dan software yang akan
digunakan atau dikembangkan.
5) Mengidentifikasi SDM yang dimiliki.
6) Menentukan bentuk pelatihan penguasaan TIK
baik untuk guru dan staf lainnya.
7) Adanya Time schedule yang jelas untuk
pencapaian program.
8) Penentuan Investasi yang diperlukan secara
berkala tiap tahun.
9) Mengidentifikasi perkembangan software dan
kurikulum baru.
10) Mengadakan revisi perencanaan disesuaikan
dengan perkembangan yang terjadi.
Dengan perencanaan yang matang, kita bisa mengembangkan TIK
secara bertahap di madrasah agar tidak tertinggal dari sekolah lain. Program
yang dibuat haru dilaksanakan secara berkelanjutan meskipun terjadi pergantian
kepala dan majelis
madrasah.
Pemanfaatan TIK sebagai Media Pembelajaran TIK bukan merupakan teknologi
yang berdiri sendiri, tetapi merupakan kombinasi dari hardware dan software. Ada hal penting yang harus diperhatikan dalam
memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran yaitu hardware dan software yang
tersedia dan jenis metode pembelajaran yang akan digunakan.
Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya:
1) Presentasi
Presentasi merupakan cara yang sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart. Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan sebuah komputer/laptop dan LCD proyektor. Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatkan TIK diantaranya kita bisa menampilkan animasi dan film, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk menangkap materi yang kita sampaikan. Software yang paling banyak digunakan
untuk presentasi adalah Microsoft Powerpoint.
Presentasi merupakan cara yang sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart. Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan sebuah komputer/laptop dan LCD proyektor. Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatkan TIK diantaranya kita bisa menampilkan animasi dan film, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk menangkap materi yang kita sampaikan. Software yang paling banyak digunakan
untuk presentasi adalah Microsoft Powerpoint.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan
dalam pembuatan bahan presentasi,
diantaranya:
diantaranya:
Ø
Jangan
terlalu banyak tulisan yang harus ditampilkan.
Ø
Tulisan
jangan terlalu kecil karena harus dilihat oleh banyak siswa.
Ø
Perbanyak memasukkan gambar dan animasi.
Ø
Usahakan
bentuk presentasi yang interaktif.
2) Demonstrasi
Demontrasi biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan di depan kelas, misalnya eksperimen. Kita bisa membuat suatu film cara-cara melakukan suatu kegiatan, misalnya cara melakukan pengukuran dengan mikrometer yang benar atau mengambil sebagian kegiatan yang penting. Sehingga dengan cara ini siswa bisa kita arahkan untuk melakukan kegiatan yang benar atau mengambil kesimpulan dari kegiatan tersebut.
Cara lain adalah memanfaatkan media internet, kita bisa menampilkan animasi yang berhubungan dengan materi yang kita ajarkan (meskipun tidak semuanya tersedia).
Demontrasi biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan di depan kelas, misalnya eksperimen. Kita bisa membuat suatu film cara-cara melakukan suatu kegiatan, misalnya cara melakukan pengukuran dengan mikrometer yang benar atau mengambil sebagian kegiatan yang penting. Sehingga dengan cara ini siswa bisa kita arahkan untuk melakukan kegiatan yang benar atau mengambil kesimpulan dari kegiatan tersebut.
Cara lain adalah memanfaatkan media internet, kita bisa menampilkan animasi yang berhubungan dengan materi yang kita ajarkan (meskipun tidak semuanya tersedia).
Sebagai contoh untuk menampilkan arah vektor
dari perkalian silang kita bisa mengakses internet dengan alamat :
3) Virtual Experiment
Maksud dari virtual eksperimen disini adalah
suatu kegiatan laboratorium yang dipindahkan di depan komputer. Anak bisa
melakukan beberapa eksperimen dengan memanfaatkan software virtual eksperimen
misalnya: Crocodile
Clips. Software ini bisa didownload di http://www.crocodileclips. com/s3_1.jsp
, tetapi kita harus register dulu untuk mendapatkan active code yang berlaku
untuk satu bulan.
Metode ini bisa digunakan jika kita tidak
mempunyai laboratorium IPA yang lengkap atau digunakan sebelum melakukan eksperimen
yang sesungguhnya.
4) Kelas virtual
Maksud kelas virtual di sini adalah siswa
belajar mandiri yang berbasiskan web, misalnya menggunakan moodle, contohnya yaitu bentuk kelas maya yang telah di terapkan pada
Universitas Islam Riau khususnya telah dijalankan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan
dan Keguruan, dan saat ini telah diterapkan pada beberapa jurusan salah satunya
jurusan Bahasa Indonesia. Pada kelas maya ini mahasiswa akan mendapatkan materi, tugas dan test
secara online. Jadi, seorang dosen memperoleh kemudahan dalam memeriksa tugas dan menilai
hasil ujian mahasiswa.
Terutama hasil ujian mahasiswa
akan dinilai secara otomatis.
Sebenarnya banyak bentuk pemanfaatan TIK lainnya yang
dapat digunakan untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar. Tetapi
semua itu tergantung kepada kita bagaimana cara memanfaatkannya. J
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentarnya di Butuhkan Gan